Culture News

Ini Alasan LAM Riau Beri Gelar adat Kepada Jokowi

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Presiden Joko Widodo menerima gelar adat Datu Seri Setia Amanah Negara di sela kunjungan kerja bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Pekanbaru, Riau, hari ini (15/12).

Loading...

Gelar itu akan diberikan Lembaga Adat Melayu Riau kepada Jokowi atas keberhasilan mengatasi asap di kawasan Riau, yang sudah tiga tahun tidak muncul.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Al Azhar mengatakan gelar adat diberikan karena mantan Wali Kota Solo ini mengembalikan pengelolaan Blok Rokan kepada bangsa Indonesia dan Blok CPP dikelola masyarakat Riau.

Pertimbangan lainnya adalah penerbitan Inpres Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penataan Kembali Perkebunan Kelapa Sawit sehingga sekitar 2 juta hektare lahan kebun kelapa sawit di Riau dikelola masyarakat adat bersama pengusaha setempat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun diberikan gelar dengan arti seorang yang besar, petinggi, serta datuk yang berseri-seri dan bercahaya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi juga akan menyerahkan sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Rumah Dinas Gubernur Riau dan bersilaturahmi dengan santri serta ulama di pondok pesantren al-Kautsar.

Sebelum melanjutkan kunjungan kerja ke Jambi, Jokowi bersama Iriana akan menghadiri kirab budaya di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru.

Jokowi serta Iriana tiba di Pekanbaru kemarin malam, setelah menyelesaikan kunjungan kerja di Aceh. Kehadiran mereka didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

Loading...
Baca Juga :  Capres dan Kontroversi Politik 3M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *