Ini Alasan Kenapa Mobil Presiden Selalu Warna Hitam?

AKTAINDONESIA.COM – MOBIL PRESIDEN merupakan alat kelengkapan transportasi kepresidenan, sudah barang tentu bukan mobil sembarangan.

Hampir semua mobil kepresidenan di dunia berwarna hitam. Warna gelap itu selalu digunakan di kendaraan darat yang membawa petinggi sebuah negara.

Sebenarnya, pabrikan otomotif saat ini menciptakan mobil dengan berbagai warna, tak cuma hitam. Ada warna gelap selain hitam sampai warna terang seperti putih. Tapi kenapa mobil presiden selalu warna hitam?

Mengutip laman Top Gear, dalam psikologi warna, hitam berkonotasi kepada kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas lainnya. Warna hitam menunjukkan kekuatan dan otoritas.

Karena representasi makna warna yang sesuai untuk pemimpin negara tersebut, kebanyakan mobil presiden hadir dengan warna hitam. Bahkan, di Amerika Serikat, mobil kepresidenan termasuk semua kendaraan pengawalnya selalu berwarna hitam.

Warna hitam juga menjadi cara untuk membedakan mobil kepresidenan dengan kendaraan pemerintah lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan sebagainya.

Di Indonesia, mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berkelir hitam. Kini, Pemerintah dikabarkan sedang mencari mobil terbaik untuk Presiden. BMW dan Mercedes-Benz disebut akan berebut menawarkan mobil untuk RI1.

Sementara itu, soal warna mobil hitam, mobil yang diproduksi dari tahun 1886 hingga tahun 1920-an biasanya dicat hitam. Cat hitam jenis enamel adalah satu-satunya cat yang cepat kering selama periode tersebut.

Baru pada 1924, ada terobosan pembuatan cat. DuPont Chemical Company menghadirkan rangkaian warna cat selain hitam yang cocok untuk semua kendaraan otomotif. Perusahaan ini memperkenalkan cat Duco Satin Finish Lacquer yang cepat kering, mulai saat itu mobil bisa diberi warna biru, hijau, merah, perak, kuning, dan lain-lain.

Baca Juga :  Sepinya Malam Pergantian Tahun di Pantai Losari

Sejak itu, produsen otomotif terus memperkenalkan lebih banyak pilihan warna untuk mobil. Sementara warna mobil terus ada inovasi baru, mobil dengan warna hitam tetap saja laku hingga saat ini.

__Terbit pada
08/07/2019
__Kategori
Pesona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds