HUT Ke-13, BPR Pekanbaru Raih Laba Rp. 415 Juta

Dok: HUT Ke-13, BPR Pekanbaru Menuju Smart Mikro Banking
Dok: Direktur BPR Pekanbaru Akhmad Fauzi Lindung

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Hari ulang tahun (HUT) ke-13 Tahun Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru ( BPR ) Pekanbaru (Bank Pekanbaru) terasa spesial. Sebab, pada saat inilah bank plat merah ini pertama kalinya meraih laba. Sampai tahun yang lalu, BPR Pekanbaru masih mengalami kerugian sebesar Rp.474,254 juta. Tapi tahun ini, laba BPR Pekanbaru per Juni 2020 atau semester I tahun 2020 telah mencapai Rp. 415,075 juta.

“Alhamdulillah, ini merupakan berkat kerja keras bagi semua jajaran karyawan BPR Pekanbaru. Ini kado istimewa bagi BPR Pekanbaru di usia ke-13 tahun,” ujar Direktur Utama BPR Pekanbaru Akhmad Fauzi Lindung, Kamis ( 23/7/2020).

Ulang tahun BPR Pekanbaru jatuh pada hari ini, Kamis ( 23/7) acara dilaksanakan secara sederhana di area kantor BPR Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad.

Turut hadir, Walikota Pekanbaru diwakili Asisten 2 Elsabarina, Komisioner Utama BPR Pekanbaru sekaligus Kadiskes Kota Pekanbaru Mohd. Noer, Mitra Bisnis, kolega dan Kalangan Internal BPR Pekanbaru.

Lanjut Akhmad Fauzi, selain kenaikan laba, aset BPR Pekanbaru juga meningkat sebesar Rp. 5 miliar. Pada tahun 2019, aset BPR Pekanbaru mencapai Rp. 26,7 miliar. Sementara pada tahun 2020 naik menjadi Rp. 31,7 miliar.

Sementara kredit bermasalah / NON (non performance loan) pada Juni 2019 atau tahun lalu masih sangat tinggi yakni 18,28 persen net. Sementara saat ini per Juni 2020 hanya 4,5 persen. “Pencapaian ini sudah baik sesuai standar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)”, ujarnya.

Begitu juga indikator lainnya yakni rasio beban terhadap pendapatan atau BOPO (biaya operasional per pendapatan operasional). Pada tahun 2019 angkanya 120,98 persen. Tapi tahun ini sudah dapat ditekan menjadi 87,7 persen. Kondisi ini sudah sesuai dengan peraturan OJK, yakni maksimal 93,52 persen.

Baca Juga :  Abaikan Peringatan Pengawas,1 Orang ASN Divonis, 4 Bulan Penjara

Akhmad Fauzi, menghimbau agar masyarakat tidak ragu menggunakan jasa BPR Pekanbaru. “Bank ini sudah berbenah. Kami dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jadi jangan ragu menempatkan dana disini “, ujarnya.

Saat ini, BPR Pekanbaru sedang gencar memberikan pinjaman konsumsif kepada PNS, BUMN, dan BUMD. Bentuknya kredit pegawai multiguna, misalnya untuk biaya pendidikan anak sekolah, beli mobil, beli rumah dan sebagainya.

Salah satu kinerja terbaru BPR Pekanbaru adalah melakukan MoU (memorandum Of understandig) dengan PT. Makmur Papan Perkasa (MPP) pengelola Sudirman Trade Center (STC). Kepada mereka sudah ditawarkan untuk pengajuan kredit.

“Kepada pedagang yang minat silahkan datang ke kantor kami atau ke gerai kami di STC”, ujar Akhmad. Sementara ulang tahun ke-13 ini, BPR Pekanbaru memiliki slogan yakni “Menuju Smart Mikro Banking”. Pihaknya juga akan terus meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Ditambahkan Direktur BPR Pekanbaru Albadri, terdapat beberapa indikator peningkatan kinerja bank daerah ini. Diantaranya adalah ROA (return on asset) atau kemampuan perusahaan menghasilkan laba berbanding total aset yang meningkat dari tahun lalu. Adapun ROE (return on equity) atau kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih dengan modal sendiri juga menunjukkan kondisi sehat. Out standing (OS) credit/penyaluran kredit juga tumbuh dan total aset meningkatkan signifikan. Ucap Akhmad Fauzi.

Ditambahkan El Sabrina ” untuk saat ini modal inti BPR Pekanbaru sebesar 4,8 milyar aturan dari OJK modal inti harus 7milyar. Hal ini masih ada kekurangan dan pihak OJK telah menegur walikota agar segera menambahkan modal inti tersebut agar dapat berekspansi. “Harapan El Sabrina agar masyarakat Pekanbaru dapat menjadi nasabah BPR pekanbaru agar dapat tumbuh dan besar. Addinal Khairi

Baca Juga :  Polsek Pujud Berhasil Menangkap Pelaku Perkara Dugaan Penganiayaan
__Posted on
23/07/2020
__Categories
News

Author: Addinal Khairi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds