Lifestyle

Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Mengolah Cabai

AKTAINDONESIA.COM – CABAI ataua CABE merupakan campuran lauk untuk menambahmrasa nikmatnya nasi ketika kita makan. Hingga membayangkan nasi panas dengan sambal pedas memang sangat menggugah selera. Namun, mungkin kamu jadi malas jika membayangkan harus mengulek dan mengolah cabainya dulu menjadi sambal. Pasalnya, tangan akan terasa panas akibat cabai.

Selain menimbulkan rasa panas diperut setelah memakannya, cabai sering kali menimbulkan efek yang sama di tangan. Rasa panas pada tangan biasanya muncul setelah kita mengulek cabai atau memotong-motongnya. Mengapa bisa begitu?

Dikutip dari Huffington Post, ternyata cabai mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Senyawa inilah yang membuat tangan atau perut terasa panas dan terbakar.

Capsaicin merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit. Akibatnya, saat reseptor ini diaktifkan kita merasakan sensasi panas dan terbakar.

Meski menghasilkan sensasi panas dan terbakar, capsaicin tidak akan membuat kita mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar. Ini karena molekul pada capsaicin hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit di sekitar tangan.

Sebenarnya, untuk mencegah sensasi panas di tangan akibat cabai, gunakanlah sarung tangan saat memasak. Namun, ketika hal ini dirasa merepotkan, kita bisa mengatasi tangan panas dengan pilihan cara sebagai berikut:

1. Cuci tangan dengan sabun pencuci piring

Saat rasa panas mulai menyerang, segera bilas tangan dengan sabun cuci piring. Gosok sabun cuci piring di seluruh bagian telapak tangan dan juga bawah kuku.

Sabun cuci piring biasanya lebih mudah menghilangkan minyak pada cabai yang menempel di tangan daripada sabun pencuci tangan biasa. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

2. Menggosok tangan dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tak hanya bagus sebagai sumber lemak baik untuk tubuh tetapi juga untuk menghilangkan capsaicin di tangan.

Kita hanya perlu menggosokkan minyak zaitun ke tangan untuk menghilangkan sisa minyak cabai yang masih menempel. Tunggu hingga satu sampai dua menit sebelum kemudian bilas dengan air dan sabun pencuci piring.

Baca Juga :  Makanan Berbuka Super Sehat bagi Ibu Hamil

3. Rendam tangan dalam produk susu

Berbagai produk susu bersifat asam sehingga bisa membantu mengurangi rasa panas di tangan akibat cabai. Protein susu yang disebut dengan kasein berfungsi sebagai deterjen alami yang bisa memecah capsaicin. Selain itu, berbagai produk susu juga mengandung lemak yang bisa membantu melarutkan capsaicin.

Untuk mengatasai tangan panas akibat cabai, coba rendam tangan dalam semangkuk susu. Diamkan selama beberapa saat atau sampai rasa panas mulai mereda. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Ingat, sebelum tangan bersih dari sisa-sisa minyak cabai yang menempel jangan menggosok mata, melepas lensa kontak, atau menyentuh alat kelamin. Ini karena minyak dari capsaicin bisa dengan mudah menempel dan menyebarkan sensasi panas ke bagian-bagian tersebut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *