Heboh! Warna Air Laut Padang Berubah Menjadi Hijau

AKTAINDONESIA.COM, PADANGHeboh… Fenomena warna air laut pantai di padang berubah menjadi hijau. kejadian ini menghebohkan warga pantai Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Menurut Kasi Kedararutan BPBD Padang, Sutan Hendra, Senin (23/12/2019) mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat sekitar Minggu malam. Laporan lebih pasti, katanya, baru Senin siang sekitar pukul 11.00 WIB, dari salah seorang anggota Kelompok Siaga Bencana (KSB) Bungus.

Selain di Pantai Bungus, perubahan air laut ke warna hijau juga dilaporkan terjadi di Pantai Air Manis.

Air laut di Padang Warna Hijau

Akademisi memprediksi, hijaunya warna air laut itu disebabkan perubahan iklim yang menyebabkan ledakan populasi hewan alga.

“Perubahan iklim dan suhu yang tidak menentu mempengaruhi arus laut sehingga pergerakan masa air tidak lagi normal, lalu terjadi Blooming Alga,” kata Akademisi Universitas Bung Hatta (UBH), Hafiandri Damanhuri, yang dilansir dari Antara, Senin (23/12/2019).

Dia menjelaskan, blooming alga merupakan suatu peristiwa di mana jumlah alga yang berada di perairan membludak jumlahnya. Alga adalah hewan mikroskopik yang menyerupai tumbuhan dan merupakan organisme yang umumnya terdapat di perairan disinari cahaya matahari.

Perubahan iklim dan suhu yang tidak menentu ditenggarai mempengaruhi pergerakan masa air, dan alga hijau bermunculan di permukaan laut Padang yang memiliki karakter tropis.

“Sebenarnya alga atau fitoplankton yang bersiklus mati-hidup adalah siklus yang biasa dan sering terjadi di laut tropis,” jelasnya./*sdr

 

 

Baca Juga :  Ulang Tahun Ke 19, Pemkab Siak Hadirkan Ustad Somad
__Terbit pada
23/12/2019
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds