Hari – Hari Terbaik Di Dunia

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Allahu Akbar, sekarang kita berada 8 Dzulhijjah 1443 H akan segera tiba pada tanggal 9 Juli 2022.
Sepuluh hari awal (al’asyrul awa’il) di bulan Dzulhijjah adalah hari hari terbaik dunia karena di dalamnya ada hari Arofah dan hari Idul Adha seperti halnya juga ada malam-malam terbaik dunia yaitu sepuluh malam akhir (al’asyrul awakhir) di bulan Ramadhan. Bahkan para Ualama menyimpulkan 10 hari pertama Dzulhijjah lebih utama dari 10 malam terakhir Ramadhan kecuali Lailatul Qodr. Hari hari terbaik ini diterangkan oleh Baginda Rasulullah SAW dalam haditsnya. Beliau bersabda:

أفضلُ أيامِ الدنيا أيامُ العشْرِ
أخرجه البزار والهيثمي والشجري عن جابر ابن عبدالله وصححه الالبانى

Artinya: “Hari-hari terbaik dunia adalah sepuluh hari awal (Dzulhijjah) HR Al Bazar, Al Haitsami, Asy Syajri dari Jabir bin Abdillah dishahihkan oleh Al Albani).

🌹Karena sepuluh hari itu adalah hari-hari terbaik maka amal-amal shalehpun menjadi yang terbaik pula di sisi Allah SWT. Seperti dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW:

ما مِن أيّامٍ العملُ الصّالحُ فيها أحبُّ إلى اللَّهِ من هذِهِ الأيّام يعني أيّامَ العشرِ، قالوا: يا رسولَ اللَّهِ، ولا الجِهادُ في سبيلِ اللّه قالَ: ولا الجِهادُ في سبيلِ اللَّهِ، إلّا رَجلٌ خرجَ بنفسِهِ ومالِهِ، فلم يرجِعْ من ذلِكَ بشيء رواه أبو داود عن ابن عباس

Artinya: “Tiada hari-hari yang amal shaleh lebih Allah cintai dari (amal-amal shaleh) yang dilakukan pada sepuluh hari awal (Dzulhijjah). Para Sahabat bertanya: “Ya Rasulullah tidakkah jihad fi sabilillah(lebih dicintai)? Rasulullah menjawab: “Tidak juga jihad fi sabilillah kecuali seorang mujahid yang pergi berjihad dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak kembali lagi (mati syahid) (HR Abu Dawud dari Ibnu Abbas).

Baca Juga :  Musda IX KNPI Pekanbaru Akan Digelar 23 Juli 2022

🌹Beberapa amal shaleh yang utama yaitu tasbih, tahmid, takbir dan tahlil seperti disebutkan dalam hadits Ibnu Umar

ما من أيامٍ أعظمُ عند اللهِ ولا أحبُّ إليه العملُ فيهن من أيامِ عشرِ ذي الحجةِ أو قال هذه الأيامِ فأكثروا فيهن من التسبيحِ والتكبيرِ والتحميدِ والتهليلِ أخرجه أحمد، والدارقطني والطحاوي عن ابن عمر

Artinya: “Tiada hari-hari di mana amal kebaikan lebih agung di sisi Allah dan lebih Allah cintai dari pada (amal kebaikan) yang dilaksanakan pada hari-hari sepuluh awal Dzulhijjah. Maka perbanyaklah bacaan tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. (HR Ahmad, Ad Daruquthni, Ath Thohawi dari Ibnu Umar).

🌹Puasa dari tanggal 1 sampai dengan 9 Dzulhijjah adalah termasuk amal shaleh pilihan terutama puasa Arofah pada tanggal 9 Dzulhijjah pada saat jamaah haji sedang menjalankan wukuf sebagai puncak ibadah haji. Rasulullah bersabda:

صومُ يومِ عرفَةَ يُكفِّرُ سنتيْنِ، ماضِيةٍ ومُستقبَلةٍ، وصومُ عاشوراءَ يُكفِّرُ سنةً ماضِيةً
أخرجه النسائي، وأحمد عن أبى قتادة

Artinya:”Puasa hari Arofah akan menghapus dosa dua tahun, tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang. Adapun puasa ‘Asyura akan menghapus dosa tahun sebelumnya. (HR An Nasa’i dan Imam Ahmad dari Abu Qotadah).

🌹Bahkan hari Arofah adalah hari terbaik untuk berdo’a. Bahwa semua bentuk dzikir adalah terbaik dan terbaik dari yang terbaik adalah doa dan munajat kepada Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

خيرُ الدُّعاءِ يومُ عرفةَ، وخيرُ ما قلتُ أنا والنَّبيون من قبلي: لا إله إلا اللهُ وحده لاشريك له، له الملكُ، وله الحمدُ، وهو على كلِّ شيءٍ قديرٌ
أخرجه الترمذي عن عبد الله ابن عمرو

Artinya:”Sebaik-baik doa adalah doa yang diucapkan di hari Arofah, dan sebaik-baik yang aku ucapkan dan juga diucapkan para Nabi sebelumku adalah La ilaaha illallahlahu wahdahu la syarika lahu. Lahul mulku walahul hamdu wahua ‘ala kulli syai’in qodir. (HR At Tirmidzi dari Abdullah bin Amer)

Baca Juga :  Polisi Amankan 8 Ton Pupuk Bersubsidi di Payakumbuh

🌹Hari Arofah juga hari di mana Allah terbanyak membebaskan hamba-hambaNya dari api neraka. Rasulullah bersabda:

ما مِن يَومٍ أَكْثَرَ مِن أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فيه عَبْدًا مِنَ النّارِ، مِن يَومِ عَرَفَةَ، وإنَّه لَيَدْنُو، ثُمَّ يُباهِي بهِمِ المَلائِكَةَ، فيَقولُ: ما أَرادَ هَؤُلاءِ؟ رواه مسلم

Artinya:”Tiada hari di mana Allah paling banyak membebaskan hamba-hàmba dari api neraka dari pada hari Arofah. Dan sungguh Allah mendekat kemudian membanggakan mereka di hadapah para malaikat. Maka dia (Allah) berfirman: “Apalagi yang mereka minta (dariKu)? (HR Imam Muslim dari Aisyah Ummul Mu’minin).

🌹Hari paling agung dari hari-hari terbaik dunia adalah hari Nahr (hari penyembelihan hewan Qurban atau hari Idul Adha tgl 10 Dzulhijjah) kemudian hari Al Qorr yaitu 11 Dzulhijjah, sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW;

إنَّ أعظمَ الأيّامِ عندَ اللَّهِ تبارَكَ وتعالى يومُ النَّحرِ ثمَّ يومُ القُرِّ. رواه أبو داود عن عبد الله بن قرط وصححه الألبانى
Artinya: “Sesungguhnya hari teragung di sisi Allah Tabaroka wa Ta’ala adalah hari nahr (hari penyembelihan 10 Dzulhijjah), kemudian hari Al Qorr (11 Dzulhijjah). HR Abu Dawud dari Abdullah bin Qorth disahihkan oleh Al Albani.

🌹Adapun amalan di hari Idul Adha selain memperbanyak takbir tahmid dan tahlil serta sholat sunnah Idul Adha, juga yang paling Allah sukai adalah menyembelih hewan Qurban. Rasulullah SAW bersabda:

ما عمِلَ ابنُ آدمَ من عملٍ يومَ النَّحرِ أحبَّ إلى اللَّهِ من هِراقةِ الدَّمِ..
أخرجه الترمذي، وابن ماجه

Artinya: “Tiada amal anak cucu Adam di hari raya qurban yang paling Allah cintai selain menumpahkan darah (menyembelih hewan qurban). HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Jangan lewatkan hari-hari terbaik ini untuk berdzikir, beristighfar dan bermunajat kepada Allah. Munajat dan ditujukan kepadaNya secara serentak, biiznillah akan Allah kabulkan sehingga dapat pahala berlimpah.
Mari kita sambut hari hari terbaik untuk amal terbaik. Insya Allah

Baca Juga :  Apa itu Kadrun ( Kadal Gurun )

Salam: Kang Aher