H. Agusman Sikumbang, SH, MH Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPW APPSI Riau Periode 2020-2025

AKTAINDONESIA.COM PEKANBARU – H. Agusman Sikumbang, SH, MH., resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Riau. Pelantikan berlangsung di Aula Bulog Divre Riau Kepri Jalan Cut Nyak Dien, Sabtu (21/11) sore.

Usai dilantik, pria yang akrab disapa Agusman menjelaskan ada beberapa langkah utama yang akan dilakukan. Pertama, melakukan konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APPSI se-Riau. Agusman menjelaskan target untuk tahun 2020 menghimpun data base pedagang yang ada di Riau. Menurut Agusman, dengan data base itu nantinya akan melakukan peningkatan derajat dan martabat para pedagang pasar.

“Langkah yang selanjutnya ialah membangun kerja sama yang baik dengan pemerintah. Baik dengan pemerintah provinsi ataupun APPSI daerah di tingkat kabupaten kota. Hal ini bertujuan agar terjadi sinergi dalam membangun persepsi ekonomi untuk pedagang pasar yang satu muara,” jelasnya dan meningkatkan derajat para pedagang pasar melalui penguatan secara ekonomi, baik itu simpan pinjam maupun pengembangan pendampingan. Dengan demikian kebutuhan para pedagang dapat dipenuhi dan ekonomi di Riau dapat meningkat nantinya.

Untuk tahun 2021 mendatang, Agusman optimistis transaksi ekonomi para pedagang pasar kembali normal bahkan meningkat. Menurutnya, hal itu perlu dibangun karena harus selalu berharap dan yakin pandemi COVID-19 ini segera berakhir.

Terkhusus di masa pandemi COVID-19, Agusman tidak lupa mengimbau masyarakat, khususnya pedagang untuk selalu menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah, terkhusus di pasar. Serta selalu mencuci tangan usai melakukan transaksi jual beli.

“Hal lain yang tak boleh lupa ialah melakukan upaya peningkatan daya tahan tubuh dengan minum vitamin. Kemudian tetap happy dan tetap semangat agar pedagang sehat dan daya saingnya juga meningkat,” ungkapnya.

Baca Juga :  2 Pelaku Narkoba Diciduk Resnarkoba Polres Kampar Riau

 

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Riau Asrizal, M.Pd mengatakan, pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus APPSI Riau yang baru. Ia sangat berharap APPSI Riau di bawah kepemimpinan H. Agusman Sikumbang, SH, MH., dapat membantu pertumbuhan ekonomi Riau, terkhusus di masa pandemi COVID-19.

“Pedagang dan pasar itu tidak dapat kita pisahkan. Di satu sisi kita harapkan cara berdagang yang baik, jujur, dan timbangan jangan dikurangi,” ujarnya.

Ia juga menegaskan agar pasar yang sudah disediakan oleh pemerintah dapat dijaga dengan baik. Bahkan ia berharap agar pasar-pasar tradisional yang ada di Riau mendapat sertifikat ISO.

Dengan sertifikat ISO maka pasar akan terjamin kebersihan, kenyamanan, dan sanitasinya. Semua hal tersebut dapat menjadikan pasar di Riau berkembang lebih baik lagi.

Waktu yang sama Wakil DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama, ST., mengucapkan selamat telah dilantiknya Ketua DPW APPSI Riau H. Agusman Sikumbang, SH, MH.,. Semoga APPSI Provinsi Riau ini bisa bersinergi dan berkisinambungan dengan pemerintah kota dan provinsi Riau dalam hal perdagangan yang ada di provinsi Riau pada umumnya dan pekanbaru khususnya. Dengan adanya APPSI ini bisa nantinya menjaga stabilitas dari perdagangan-perdagangan yang ada di kota Pekanbaru khususnya keluar masuk perdagangan yang masuk ke kota Pekanbaru sehingga bisa menjaga perekonomian yang ada di kota Pekanbaru dan provinsi Riau, ucapnya.

Ketua Umum DPP APPSI, Ferry Juliantono mengatakan, dari pandemi COVID-19 ini tetap memiliki hikmah yang bisa diambil sebagai nilai positifnya. Satu caranya ialah dengan dengan semakin maraknya koperasi simpan pinjam.

“Pedagang pasar sekarang dengan kegiatan simpan pinjamnya melayani untuk memberikan pinjaman. Manfaat simpan pinjam ini bertujuan untuk menghindari terjerat rentenir,” katanya.

Baca Juga :  Terekam CCTV Curi Sepeda Motor di Parkiran PT. Rifan, Seorang Pemuda Diamankan Polsek Pekanbaru Kota

Ferry menjelaskan, kegiatan simpan pinjam yang dilakukan pedagang pasar itu justru akan membuat akumulasi permodalan di kegiatan simpan pinjam koperasi menjadi besar.

“Contohnya seperti yang tadi saya sampaikan di Jakarta sekarang kegiatan koperasi pedagang pasar yang di Cempaka Putih itu sekarang sudah bisa melayani lima pasar. Dari koperasi simpan pinjam itu, kita bisa memberikan pinjaman sampai Rp2 Miliar ,” katanya.

Ia menegaskan, hal seperti itu juga bisa dilakukan oleh APPSI Sumatera Utara yang bisa memberikan simpan pinjam kepada pedagang pasar secara bulanan, bahkan harian. Menurutnya itu sangat mungkin dan bisa dilakukan karena pedagang pasar sangat bankable.

Alasan menjadi sangat bankable ialah karena pedagang pasar memiliki kios tempat terjadinya aktivitas ekonomi. Hal itu membuat kegiatan simpan pinjam di masa pandemi malah justru bisa bersaing dengan bank-bank konvensional, tutupnya.

Turut hadir dalam pelantikan, Turut hadir, Ketua Umum APPSI Wilayah Riau Kepri Ferry Juliantono, SE, AK, M.Si., Ketua DPW APPSI Riau H. Agusman Sikumbang, SH, MH., Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Riau Drs. Asrizal, M.Pd., Walikota Pekanbaru diwakili Kadis Perindag Kota Pekanbaru, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama, ST., Seluruh Pengurus APPSI Riau.

Lampiran : SURAT KEPUTUSAN DPP APPSI
Nomor : 011/SK/DPP-APPSI/I/2020
SUSUNAN PENGURUS
DEWAN PIMPINAN WILAYAH
ASOSIASI PEDAGANG PASAR SELURUH INDONESIA
PROVINSI RIAU
PERIODE 2020-2025
PEMBINA :

1. Gubernur Provinsi Riau
2. Wakil Gubernur Provinsi Riau
3. Kadis PERINDAG Provinsi Riau.

DEWAN PERTIMBANGAN WILAYAH :

1. Dr. Firdaus, ST., MT.
2. H.M. Yusuf Sikumbang
3. Nehri Mangkuto Ameh
4. H. Jhon Satri, SH., MH.
5. Ingot Ahmad Hutasulut, M.Si.
6. Suriyanto
DEWAN PIMPINAN WILAYAH
1. Ketua : H. Agusman SK, SH., MH..
2. Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan : Riski Mulyadi, S.Pt., M.Eng.
: Imamuddin Rabbani Ghaffar
3. Wakil Ketua Bidang Litbang & Diklat : Defry Rosya, SH., MBA.
: Muhammad Aliman, SP.
4. Wakil Ketua Bidang Usaha Jasa Perdagangan : Ade Gunawan, SP.
: Dini Ardila, SE.
5. Wakil Ketua Bidang Usaha Jasa Keuangan : H. Syafrizal Can.
: Darel Adly, SP.
6. Wakil Ketua Bidang Usaha Jasa Properti : Azizul Hakim.
: Seno Putra, SP.
7. Wakil etua Bidang Hukum dan Advokasi : Darvius, SH., MH.
: Dedek Gunawan, SH., MH.
8. Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga : Syahrial, SH.
: Rhoma Anggarta Paramitha
9. Wakil Ketua Bidang Satgas Badar : Syafrudin Tote.
: Zulkardi, SH.
: Suprianto, S.Sos
10. Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan : Sevani Octavia, S.P
: Riana Novita
11. Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi : Rony Syaputra, SE., MM.
: H. Refdi
: St.Syahrul can
12. Sekretaris : Ade Putra Daulay, SP.
13. Wakil Sekretaris : Nur Oktaviandini.
14. Bendahara : Helmi, SH.
15. Wakil Bendahara : H. Asrul.

Baca Juga :  Gempa 5,0 SR Guncang Pacitan-Jawa Timur

Ditetapkan di : Jakarta
Pada tanggal : 29 Januari 2020
DEWAN PIMPINAN PUSAT
ASOSIASI PEDAGANG PASAR SELURUH INDONESIA
Ferry Juliantono
Ketua Umum
M. Mujiburrohman
Sekretaris Jenderal

__Posted on
21/11/2020
__Categories
News

Author: Addinal Khairi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds