Gempa 7,7 SR Guncang Pasifik Selatan, Disusul Tsunami

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Gempa besar berkekuatan 7,7 SR terjadi di Pasifik Selatan. Biro Meteorologi Australia mengkonfirmasi terjadi tsunami kecil di 3 wilayahnya.
“Tsunami telah dikonfirmasi,” tulis Biro Meteorologi Australia melalui Twitter seperti dilansir AFP, Kamis (10/2/2021).

Pernyataan itu juga memperingatkan masih adanya ancaman tsunami terhadap Pulau Lord Howe, yang berjarak 550 kilometer di timur darat Australia.

Sementara itu dilansir ABC News, beberapa gelombang tsunami di bawah 40 sentimeter telah terjadi di Pulau Norfolk, Port Villa dan Fiji.

Gempa

Tidak ada evakuasi yang dilakukan di Pulau Lord Howe dan diperkirakan tidak ada dampak yang akibat gempa M 7,7 di daratan Australia.

Orang-orang di Pulau Lord Howe-yang berada di laut Tasman di sebelah timur Port Macquarie- disarankan untuk menjauh dari pantai dan tepi laut.

Gempa magnitudo (M) 7,7 sebelumnya terjadi di Pasifik Selatan. Survei Geologi Amerika Serikat mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah Selandia Baru, Keledonia Baru, Vanuatu dan negara-negara lainnya di wilayah tersebut.

Dilansir AFP, Rabu (10/2/2021) gempa terjadi setelah tengah malam pada Kamis waktu setempat (13.20 GMT Rabu). Gempa terjadi sekitar 415 kilometer timur Vao di Keledonia Baru pada kedalaman 10 Kilometer.

“Gelombang tsunami berbahaya dari gempa ini mungkin terjadi dalam 3 jam ke depan.” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik NWS.

 

 

Dtc, sadur

Baca Juga :  Razia Pekat di Bukittinggi, 6 Pasang Remaja Diamankan
__Terbit pada
10/02/2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds