sport

Firman Utina Pimpin Seleksi Timnas U-15 ke Portugal

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Seleksi tahap pertama Timnas Pelajar U-15 menuju IBER Cup di di Estoril Portugal 1-6 Juli 2019 dimulai. Firman Utina dipercaya menyeleksi talenta-talenta muda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Eks kapten Timnas Indonesia itu tidak sendirian. Ia ditemani Rochy Putiray, M Ridwan, dan Kas Hartadi. Firman menyeleksi hampir 100 talenta muda yang mayoritas merupakan kontestan Piala Menpora U-14.

Firman, yang juga pelatih Timnas Pelajar U-15, mengatakan dari 100 orang peserta seleksi akan dirampingkan menjadi 25 pemain. Setelah itu, tim seleksi akan memilih 18 pemain terbaik yang akan diterbangkan ke Portugal.

“Kami akan mengambil 18 pemain terbaik yang berasal dari perwakilan berbagai daerah di Indonesia ini,” kata Firman di sela-sela seleksi di Lapangan Pusdikif, Kota Bandung, Jumat (15/2/2019).

Eks pemain Persib Bandung itu mempunyai kriteria yang ketat dalam memilih pemain-pemain muda ini. Antara lain, kedisiplinan, visi bermain, komunikasi, kepemimpinan, dan perilaku.

Ia menuturkan 18 pemain yang terpilih nantinya akan meningikuti training camp sebelum diberangkatkan ke Portugal. Ia menekankan dalam proses TC bukan tidak mungkin ada promosi dan degradasi pemain.

“Jadi jangan sampai sudah masuk 18 pemain terpilih merasa hebat dan hilang konsentrasi. Kita akan pantau terus dari berbagai aspek, kalau memang indisipliner atau lainnya kita akan ganti,” ujar Firman.

Manajer Timnas Pelajar U-15, Ray Manurung mengatakan rencananya TC akan dilakukan di Jakarta, Serang dan Bali. Tiga tempat itu dipilih karena memiliki pantai dan cuacanya cukup panas.

“Karena nanti Juli itu di Portugal panas, jadi kami pilih tempat-tempat yang dekat dengan pantai,” tutur Ray.

Menurutnya IBER Cup merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk talenta-talenta muda di Indonesia. Mereka akan bersaing dengan pemain-pemain muda berbakat dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga :  Liverpool Hempaskan MU 3-1, Dua Gol dari Shaqiri

“Targetnya tentu juara. Tapi yang terpenting pengalaman melihat level tertinggi sepakbola di usia 15 tahun. Karena akan diikuti akademi Real Madrid, Barcelona dan lainnya. Apalagi banyak pencari bakat di sana, itu kesempatan bagus,” ujar Ray.

Proses seleksi akan berlangsung hingga tanggal 17 Februari 2019 di Lapangan Pusdikif, Jalan Cisokan, Kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *