FFP UNP Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat Guna Meningkatkan Pariwisata Dan Ekonomi

Aktaindonesia- Padang – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) UNP, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Masyarakat Jorong Sungai Janiah Kanagarian Tabek Panjang (13/11)

Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) melakukan Program Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Lokal Dalam Pengelolan Homestay Di Kanagarian Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam dalam rangka pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) FPP UNP. Kegiatan ini, yang dibuka pada tanggal 1 Juli 2019 secara resmi oleh Camat Kecamatan Baso juga turut hadir Wali Nagari Tabek panjang, ketua pokdarwis kenagarian Tabek Panjang, ditujukan guna memajukan pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
“Untuk memajukan pariwisata dan meningkatakan perekonomian masyarakat setempat, masyarakat disini dapat memanfaatkan rumah mereka untuk dijadikan Homestay karena daerah ini memiliki potensi wisata yang sangat bagus tetapi belum ditunjang dengan akomodasi penginapan yang baik, kata tim pengabdian masyarakat FPP UNP, Sukma Yudistira (13/11).
Belum adanya homestay di wilayah ini dan masih kurangnya pengetahuan masyarakat tenyang Homestay dan pengelolaannya, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Ikan Sakti Jorong Sungai Janiah Kanagarian Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam masih sangat rendah. Salah satu solusi nya adalah menyediakan akomodasi penginapan atau Homestay. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini oleh FPP UNP.
Pada program ini, peserta yang diikutkan adalah 10 orang yang direkomendasikan oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan masyarakat yang memiliki rumah berpotensi untuk dijadikan homestay.
Warga setempat diberikan pelatihan seperti; Pelatihan tentang jenis akomodasi, Pelatihan Pengelolaan Homestay, Praktek dalam mengidentifikasi dan menganalisis rumah masyarakat lokal yang memenuhi klasifikasi homestay, Pemberian bantuan, Pelatihan Make up Room dan Promosi homestay, dan Pengurusan pendaftaran nama homestay.
“Kami melakukan pendataan rumah warga yang layak dijadikan homestay terlebih dahulu, setelah itu rumah warga yang memenuhi persyaratan menjadi sebuah homestay lalu mendaftarkannya’, kata Tim Pengabdian FPP UNP (13/11).
Kelompok peserta ini diberikan pengetahuan mengenai Homestay seperti prinsip-prinsip Homestay, persyaratan pendirian Homestay, standar minimal sebuah Homestay, dan cara-cara pengelolaan Homestay sesuai standar baku. Setelah itu, kelompok ini diberikan pelatihan pengelolaan Homestay, mulai dari manajemen penerimaan tamu, perawatan Homestay, tatagraha, dan promosi Homestay.
Selain itu, pada Rabu (13/11), Sukma Yudistira, Tim Pengabdian FPP UNP, kami membantu pengurusan izin pendirian Homestay dan setelah di daftarkan, di lakukan pembuatan papan nama, pengurusan izin, brosur dan melakukan promosi homestay melalui web Sungai Janiah untuk satu Homestay percontohan.
Melalui program ini, diharapkan masyarakat setempat dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam mengelola Homestay. Capaian ini juga akan memberikan dampak positif nantinya terhadap pertumbuhan pariwisata dan perekonomian wilayah setempat dan peningkatan kunjungan wisatawan ke objek wisata Ikan Sakti Sungai Janiah.
​Ketua kelompok sadar wisata (pokdarwis), H. Angku Yang Basa mengatakan dengan adanya program pengabdian masyarakat tersebut dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat lokal dalam mengelola homestay.
​“Dengan adanya pelatihan dan bimbingan mengenai homestay ini, dimana rumah yang biasanya kami huni dapat menjadi alternatif tambahan penghasilan bagi masyarakat,’ katanya
​Ia menambahkan dengan adanya homestay di Objek Wisata Ikan Sakti Jorong Sungai Janiah sehingga wisatawan yang mengunjungi daerahnya semakin meningkat. Dengan adanya homestay menjadi alternatif lain wisatawan untuk menginap tanpa perlu keluar dari daerahnya untuk mencari tempat penginapan atau hotel terdekat.
​Selain itu, dengan adanya alternatif tersebut maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Objek Wisata Ikan Sakti Jorong Sungai Janiah.

Baca Juga :  Mahasiswi Unand Di Temukan Tewas Gantung Diri
__Posted on
11/12/2019
__Categories
Kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds