Kolom

DOSA ‘KAGET’

AKTAINDONESIA.COM – HADIS dari sahabat Jarir bin Abdillah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Loading...

مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ، وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

“Siapa yang menghidupkan sunah yang baik dalam Islam, kemudian diikuti oleh orang lain setelahnya maka dicatat untuknya mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Siapa yang menghidupkan tradisi yang jelek di tengah kaum muslimin, kemudian diikuti oleh orang lain setelahnya, maka dia mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang melakukannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR. Muslim 2398, Ahmad 19674, dan yang lainnya)

Ibarat hadiah uang kaget pada salah satu acara stasiun tv, tak disangka tak diduga..ee tidak taunya dapat rezki uang, tak ada angin tak ada hujan orang datang ke rumah mengantarkan uang untuk belanja keperluan kita, kalau uang kaget yang kita dapat tentulah sebuah keberuntungan tetapi bagaimana kalau dosa?,..ya dosa kaget namanya.

Dosa kaget adalah dosa yang tidak disangka dan diduga lalu ternyata kita telah menabung dosa selama ini dan diserah terimakan malaikat ketika kita hendak mau masuk syurga, ya ..peristiwanya di akhirat kelak.

Sebagaimana bunyi hadis diatas bahwa barang siapa yang menghidupkan tradisi yang jelek di tengah kaum muslimin, kemudian diikuti oleh orang lain setelahnya, maka dia mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang melakukannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.

Katankalah orang yang mensponsori sebuah perjudian, atau di kedainya orang berjudi, orang yang memasakkan/memberi makan orang dengan sengaja tidak berpuasa tanpa uzur, orang turut menyebar di media sosial praktek kemusyrikan sehingga banyak orang terpeleset dengan syirik, contoh menyebar sebuah himbauan untuk mengamalkan zikir tertentu dan mengancam apablia tidak diteruskan kepada orang lain maka akan mendapat bala/musibah hal semacam ini adalah merusak aqidah banyak kita dapat di berbagai media sosial.

Dosa kaget juga dosa-dosa yang tidak disadari seseorang karna keawamanya terhadap agama seperti orang yang membuka aurat dengan berpakaian minim karna perbuatanya banyak laki-laki berdosa dan terjerumus memperturutkan hawa nafsu, mengajak orang lain merokok/menawarkan rokok lalu merokok di tempat umum sehingga anak-anak dan ibu hamil terganggu kesehatanya.

Banyak orang tidak menyadari hal demikian dan seolah dia tidak berbuat dosa padalah aliran dosa masuk ke dalam rekening catatan malaikat lalu nanti di akhirat ketika dihisab mereka kaget bahwa ternyata rekening tabungan dosanya penuh dan hal demikian sebahagian berasal dari aliran dosa akibat tradisi dan perbuatan maksiat yang dilakukan oleh orang lain berasal dari “jasa” usahanya didunia, jasanya mencontohkan ataupun dia yang mensponsori kali pertama.

Oleh karena itu, penting kita berhati – hati agar setiap perbuatan ataupun kepoloporan kita ditengah masyarakat mestilah bernilai kebaikan dan jangan bermuatan keburukan. Setiap akibat “prototype” akan berdampak ikutan oleh orang lain apalagi seorang figur yang dicontoh ditengah masyarakat. Jika kebaikan yang diwariskan maka nilai pahala yang kita terima dan sebaliknya jika gaya keburukan yang diwariskan lalu diikuti orang banyak maka terimalah dengan ikhlas dosa-dosa kaget banti di akhirat.

Sederhananya seperti orang yang mempelopori sistem ekonomi syariah dengan menjauhkan praktek riba katakanlah yang berbajibaku untuk mentransformasi koperasi konvensionalnya ke sistem syariah, gadai sawah dengan sistem syariah dll lalu diikuti oleh banyak orang maka tentulah aliran pahala untuknya dan sebaliknya juga tentu demikian. Wallahua’lam bissawab.

 

 

 

Oleh : Safrudin Nawazir Jambak / Ketua F-PKS DPRD Agam (Sumatera Barat)

Loading...
Baca Juga :  Ini Bahayanya Sering Konsumsi Kopi Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *