Dinsos Jelaskan Keterlambatan Penyaluran BST

AKTAINDONESIA.COM.BENGKALIS – Keterlambatan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Dinas Sosial (Dinsos) Bengkalis untuk masyarakat Terdampak Covid 19 Bengkalis tahap II menjadi pertanyaan masyarakat. terkai hal tersebut Kepala dinas sosial bengkalis, Martini Angkat bicara.

Martini mengungkapkan setidaknya ada dua alasan yang menyebabkan BST belum dapat dicairkan, yaitu dua persyaratan yang belum terpenuhi diantaranya rekomendasi dari ketua tim gugus untuk pencairan dana BST. Kemudiam SK penetapan jumlah anggaran Covid- 19, karena ada perubahan jumlah anggaran Covid -19. 

“Kita kemarin ada perubahan penggunaan anggaran. Dimana sebelumnya hanya sepuluh OPD yang menggunakan anggaran Covid sekarang menjadi 12 OPD,” terangnya. Selasa,(21/7) siang.

Menurut dia, selain itu untuk data penerima bantuan juga akan ada perubahan. Saat ini pihak Dinsos sedang mengevaluasi data penerima tahap pertama kemarin.

“Karena setelah dilakukan pengecekan ada penerima yang double mendapat bantuan Covid dari sumber Dinsos dan Kemensos. Ini yang sedang kita keluarkan, selain itu kita juga ada penambahan penerima baru karena ada usulan yang belum menerima kemarin belum masuk pada tahap pertama kemarin,” tambahnya.

Menurut Martini, untuk penambahan ini, mereka hanya akan menerima dua tahap penyaluran BST Dinsos saja yakni tahap kedua dan ketiga. Sementara tahap pertama tidak menerima lagi karena memang sudah disalurkan.

“Untuk tahap pertama tersebut jumlah seluruh bantuan BST yang disalurkan sebanyak 33.038 bantuan. Ini sudah termasuk penerima dari anak panti asuhan sebanyak 209 orang, sedangkan untuk penerima tahap kedua masih dalam perbaikan data, kita upayakan masih sejumlah kuota yang tersedia, untuk penambahan penerima baru dari data sementara ada sekitar tiga ratusan KK lebih penambahannya,” terang Martini

Baca Juga :  Ketua DPRD Sijunjung Buya Syofian Hendri Bantu Atasi Persoalan Pangan Masyarakat

Dinas Sosial Bengkalis berharap masyarakat penerima BST bisa bersabar menunggu pencairan bantuan ini. Karena saat ini Dinsos masih berupaya untuk menyegerakan proses pencairannya.

“Begitu persyaratan sudah lengkap langsung akan kita lakukan pencairannya, karena persyaratan ini masih tengah kita penuhi,” tandasnya.

__Posted on
21/07/2020
__Categories
Corona, Info Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds