Da’i Perlu Kuasai Bahasa Inggris

Da’i Perlu Kuasai Bahasa Inggris

Da’i Perlu Kuasai Bahasa Inggris

 

AKTAINDONESIA.COM, DEPOK – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami mengatakan betapa pentingnya bahasa Inggris untuk dikuasai oleh para dai dan ustadz.  Hal tersebut disampaikan Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) saat memberikan kata sambutan di acara Subuh Keliling di Masjid Al Ikhlas Parungbingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (16/10).

“Hal ini penting, agar para dai dapat memperluas medan dakwahnya, khususnya ke dunia Barat atau negara-negara yang penduduknya berbahasa Inggris,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan

Emil mengemukakan, dewasa ini gelombang mualaf di Barat, khususnya di Amerika dan negara-negara di Eropa, luar biasa. “Para mualaf itu membutuhkan siraman dakwah para dai. Karena itu penguasaan bahasa Inggris oleh para dai jadi sangat penting,” tutur mantan walikota Bandung itu.

Ia lalu mencontohkan Imam Samsi Ali, dai asal Indonesia yang sudah bertahun-tahun tinggal dan berdakwah di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Ia telah mengislamkan ribuan orang di Amerika.

“Banyak cerita terkait Imam Samsi Ali yang berkaitan masuk Islamnya orang-orang Amerika. Ada orang non-Muslim yang mengucapkan dua kalimat syahadat setelah mendengarkan bacaan Alquran Imam Samsi Ali. Ada juga yang menjadi mualaf setelah melihat akhak mulia yang ditunjukkan oleh Samsi Ali,” tuturnya.

Ladang dakwah, kata Emil, luar biasa. “Karena itu, Pemprov Jawa Barat meluncurkan program yang dinamakan English for Ulama. Program tersebut akan diluncurkan pekan ini,” paparnya.

Program ini bertujuan memberikan pembekalan bahasa Inggris kepada para dai di Jawa Barat. “Kami ingin para dai Jawa Barat bisa berdakwah ke luar negeri, khususnya Amerika Serikat dan Eropa. Selain menguasai materi tentang Islam, bekal bahasa Inggris juga diperlukan. Hal ini sekaligus untuk menjawab prasangka buruk sebagian orang-orang Barat terhadap Islam dan umat Islam,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga :  Diduga Selingkuh, Ketua Ansor Jepara Tertangkap di Hotel Semarang

nury

leave a comment

Create Account



Log In Your Account