Lifestyle

Ciri-Ciri Rahim Sehat Dan Subur Serta Tanda Rahim Bermasalah

 

AKTAINDONESIA.COM – WANITA tentu berharap kondisi rahimnya sehat dan subur, ia tentu tidak mau rahimnya mengalami masalah, ia takut rahimnya terkena masalah seperti penyakit yang sering wanita alami saat ini. Penyakit ini banyak mengancam wanita untuk tidak dapat memiliki anak, bahkan sampai membawa kematian.

Berikut ini beberapa cara dan tanda rahim sehat yang dirangkum dari beragam sumber :

1. Berat badan normal

Berat badan yang tidak sehat akan mengganggu keseimbangan hormone yang mengganggu keberhasilan tubuh aulasi. Semakin ideal berat badan semakin bagus pula kondisi Rahim karena mempengaruhi kondisi Rahim.

2. Periode menstruasi normal

Menstruasi teratur artinya aulasi terjadi karena darah lancer keluar, tanda keseimbangan hormone. Jangka waktu yang normal untuk haid yaitu dua puluh satu hingga tiga puluh lima hari. Jangka waktu itu di hitung pada saat kita mulai menstruasi hingga menstruasi pertama bulan berikutnya. Biasanya kita haid 7 hari paling lama itu sudah normal.

3.Tidak menggunakan alat kontrasepsi

Efek samping menggunakan alat ini, seperti gangguan haid yang tidak normal yang di sertai keram dan sakit yang berkepanjangan, dan dapat menyebabkan mual.

4. Bebas penyakit menular seksual `

Penyakit ini di timbulkan oleh bakteri, misalnya pada gonorrhea yang di akibatkan kan oleh (Neisseria).

5. Tidak merokok

Semua pasti bahaya tentang rokok, apalagi kandungan dalamnya berbahaya, belum lagi asap rokok ini terbukti lebih bagi lingkungan sekitar,terutama bagi yang lagi hamil. Dapat mencegah aliran darah, mencegah pertumbuhan paru-paru.

6. Tidak stress

Stress dapat membuat kondisi Rahim memburuk, kemungkinan susah untuk memiliki anak sebab ovulasi terhenti.

7. Kesuburan sangat mempengaruhi usia

Pada wanita hamil usia kesuburan bertambah langsung lebih cepat, kesuburan yang paling normal adalah rentang pada usia dua puluh sampai dua puluh sembilan tahun, pada usia ini wanita mempunyai kesempatan 5% untuk hamil.

Baca Juga :  5 Manfaat Jilbab Untuk Kesehatan Wanita

8. Gaya hidup sehat

Bangun tidur tepat waktu
Olahraga secara teratur
Mandi yang bersih 3x sehari
Makan pagi yang penting
Mencuci tangan
Minum air putih sebelum beraktivitas
Istirahat secara teratur

Ciri Rahim bermasalah

Rahim merupakan bagian dari alat reproduksi wanita, Peranannya juga penting, karena di sini bayi menjalani kehidupannya. Sayangnya kanker yang parah bisa membuat kehilangan rahimmu. Penyebab kanker lahir sebenarnya belum di ketahui secara jelas. Namun ada hal-hal yang mempengaruhi wanita untuk terkena penyakit ini. Hal-hal tersebut di bawah ini:

1. Mendapat menstruasi pertama di bawah usia 12 tahun

2. Belum pernah memiliki anak

3. Mengidap penyakit diabetes

4. Memiliki keluarga dengan riwayat kanker rahim

5. Pernah menjalani terapi radiasi pada area panggul

6. Mengidap tumor

Mengkonsumsi obat hormone estrogen tanpa progesteron dan obat tamoxifen, untuk kanker payudara meski begitu, hal-hal tersebut tidaklah mutlak. Adapula wanita yang terjangkit kanker Rahim namun tidak mengalami hal seperti yang di sebutkan tadi.

Namun jika masuk dalam daftar tadi dan kamu memiliki tanda-tanda awal yang mengindikasikan kanker Rahim. Waspadalah kamu terhadap kanker Rahim!!!

5 tanda- tandanya antara lain

1. Rasa nyeri saat berhubungan seksual

2. Sakit pada area panggul dan perut

3. Berat badan yang berkurang

4. Saat buang air rasa nyeri itupun muncul

Periksakan dirimu untuk mengetahui apakah kamu mengalami hal-hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *