Cina Sebut Aksi Demonstran Hong Kong Sebagai ‘Terorisme’

AKTAINDONESIA.COM, HONG KONG – Dilansir dari reuters.com, Bandara Hong Kong membatalkan semua penerbangan pada hari Senin, menyalahkan demonstran atas gangguan tersebut, sementara China mengatakan protes anti-pemerintah yang telah mengguncang kota selama dua bulan musim panas telah mulai menunjukkan “kecambah terorisme”.

Otoritas bandara mengatakan pihaknya bekerja sama dengan maskapai untuk melanjutkan penerbangan mulai pukul 6 pagi pada hari Selasa, tetapi perkembangan meningkatkan taruhan setelah akhir pekan pertempuran di mana kedua aktivis dan polisi memperketat sikap mereka.

Pemrotes RUU anti ekstradisi berunjuk rasa di aula keberangkatan bandara Hong Kong di Hong Kong, Cina 12 Agustus 2019. REUTERS / Thomas Peter

Beberapa ahli hukum Hong Kong mengatakan deskripsi resmi tentang tindakan beberapa pemrotes karena terorisme dapat mengarah pada penggunaan undang-undang dan kekuasaan anti-teror yang luas terhadap mereka.

Polisi Bersenjata Rakyat China juga berkumpul di kota tetangga Shenzhen untuk latihan, kata surat kabar Global Times yang didukung negara.

Orang-orang di pusat keuangan Asia merespons dengan turun ke jalan lagi, berjaga-jaga di kantor polisi dan mengembalikan ratusan mereka ke stasiun metro di mana polisi memukul para aktivis dengan tongkat, untuk memprotes taktik tangan-berat.

Demonstrasi yang semakin keras telah menjerumuskan wilayah yang dikuasai Tiongkok ke dalam krisis yang paling serius dalam beberapa dekade, menghadirkan pemimpin China Xi Jinping dengan salah satu tantangan populer terbesar sejak ia berkuasa pada 2012.

“Hong Kong telah mencapai titik kritis,” kata juru bicara kantor Urusan Hong Kong dan Makau Yang Guang di Beijing.

“Para pengunjuk rasa telah sering menggunakan alat yang sangat berbahaya untuk menyerang polisi dalam beberapa hari terakhir, merupakan kejahatan serius dengan kecambah terorisme yang muncul.”

Baca Juga :  Toyota Avanza Indonesia Sebagai Mobil Dinas Mentri Filipina
__Posted on
12/08/2019
__Categories
Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds