Jurnal

Cara Cepat Dan Mudah Membuat Skripsi

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Skripsi merupakan salah satu dari mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa agar mendapat gelar kesarjanaannya. Mata kuliah ini biasanya memiliki bobot SKS yang paling tinggi dibanding dengan mata kuliah lain, sehingga dibutuhkan waktu dan konsentrasi yang lebih banyak untuk dapat menyelesaikannya.
Kata orang membuat skripsi itu susah.
Maksudnya adalah mereka bingung bagaimana membuat skripsi.
Mereka tidak tau, harus mulai dari mana untuk membuat skripsi.

Ada yang memulai dari membuat judul.
Ada yang memulai dari memilih metode penelitian.
Ada juga yang tidak memulai skrisinya, sampai dosen pembimbing menghubunginya untuk segera mengerjakan skripsi miliknya.

Karena hal itu banyak orang yang menilai bahwa skripsi itu sulit.

Bekal yang mereka pelajari di kampus tidak cukup, untuk memulai mengerjakan skripsi?

Tidak benar.

Mereka sudah memiliki bekal untuk membuat skripsi.

Karena bekal utama untuk membuat skripsi adalah NIAT atau Keinginan

Kalau seseorang sudah punya niatan untuk membuat skripsi, maka orang tersebut dapat mengerjakan skripsinya walau harus belajar terlebih dahulu, membaca, mencari informasi dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang sudah membaca artikel ini.
Saya yakin kamu sudah memiliki niatan untuk mengerjakan skripsi.

Berikut Adalah Beberapa Hal Yang Dapat  Anda Lakukan Agar Cepat Menyelesaikan  Skripsi.

1. Tentukan Topik Skripsi

Skripsi biasanya bisa diambil setelah menyelesaikan semua mata kuliah sehingga inilah yang menyebabkan kenapa skripsi ini juga disebut sebagai tugas akhir. Namun demikian jangan sampai Anda menentukan topik kuliah baru setelah menyelesaikan semua mata kuliah. Ini terlambat..

Begitu menginjak ke semester tiga sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran mengenai topik skripsi yang akan Anda lakukan nanti. Dengan demikian Anda akan memiliki waktu yang cukup panjang dalam menyiapkannya.

Baca Juga :  UAS: 'Susah Saya Jawabnya' Ketika Tanyakan ini..

2. Pilihlah Topik Skripsi Yang Anda Suka

Jangan sampai Anda memilih topik yang sama sekali tidak Anda sukai. Ini sangat berbagaya. Ingat, jika Anda sudah cinta dengan sesuatu maka sesulit apapun maka sesuatu itu akan dapat Anda raih dengan pengorbanan yang ikhlas. Dan akan menjadi mudah.

3. Buat Pplanning Dengan Jelas

Planning merupakan sebuah keharusan yang harus Anda rencanakan sebelum memulai membuat skripsi. Planning ini meliputi semua aktivitas yang akan Anda lakukan mulai awal hingga selesainya skripsi.

Beberapa contoh planning yang perlu Anda tentukan dengan tegas adalah berapa kali Anda harus menghadap ke dosen pembimbing untuk konsultasi dalam setiap bulan. Berapa kali Anda harus menghadap dosen pembimbing dalam menyelesaikan proposal. Minggu keberapakah Anda targetkan untuk menyelesaikan bab demi bab dalam dakumen skripsi hingga sampai pada bab kesimpulan.

4. Disiplin

Segala sesuatu yang mendukung kelancaran mengerjakan skripsi sudah Anda siapkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu planning juga sudah Anda buat dengan bagus. Namun jika Anda tidak memiliki komitmen yang kuat dalam menepati planning yang sudah Anda buat, maka akan menjadi sia-sia.

5. Hindari Rasa Malas

Beberapa kendala yang dialami oleh sebagian mahasiswa dalam mengerjakan skripsi adalah munculnya rasa malas. Biasanya perasaan malas ini muncul ketika Anda terbentur dengan permasalahan yang sulit ditemukan penyelesaiannya, misalnya mencari buku referensi yang sulit, belum dapat menemukan metode yang tepat, dan lain-lain. Nah, apabila Anda tidak segera menyelesaikannya inilah yang menjadi pemicu rasa malas itu.

 

 

Sumber : muh-amin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *