BUMDesa KMJ Desa Meskom Gelar MDPT Dan Gebyar Bagi Hasil

AKTAINDONESIA.COM- Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Karya Mandiri Jaya Desa Meskom Kec.Bengkalis menggelar Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) serta acara Gebyar bagi hasil,  acara MDPT dimulai pada pukul 8.00 Wib.dilanjutkan dengan acara gebyar pada pukul 14.00 WIB. dengan mengikuti protokol kesehatan,  kegiatan berpusat di gedung pelatihan desa meskom, Rabu,(30/12/2020).

MDPT merupakan musyawarah desa yang digelar dalam rangka pertanggung jawaban direktur BUMDesa Karya mandiri jaya priode 2019. Acara dibuka secara langsung oleh ketua BPD Desa meskom Fakhrullazi.

Kades medkom, Usman,SP

Kepala desa Meskom, Usman SP. dalam sambutannya mengatakan MDPT merupakan agenda penting untuk mengetahui sejauh mana capaian  Bumdes dari penyertaan modal desa ke BUMDes serta meminta laporan direktur BUMDes prihal kegiatannya pada tahun 2019.
“MDPT ini bertujuan untuk mengetahui laporan direktur BUMDes prihal pengelolaan dana penyertaan modal desa priode 2019” katanya.

Sementara itu, dalam laporanya direktur BUMDesa Muhammad Jefrizal dalam laporannya mengatakan, bahwa laporan yang disampaikan Pada MDPT kali ini merupakan laporan yang seharusnya dilaporkan oleh direktur sebelumnya, mengingat bahwa ia baru bergabung di BUMdes pada bulan Mei 2020, meski demikian berdasarkan data yang ada maka dirinya hanya membacakan.

“Saya baru gabung di BUMDes pada bulan mei 2020, jadi laporan yang saya sampaikan berdasarkan data yang ada saja,” ujar jefrizal.

Lanjut jefrizal,”dari dana penyertaan modal desa sebesar 175 juta, pada tahun 2019 ada pembelian aset berupa tenda dan aset kantor lainnya dengan total sebesar 120 juta, namun demikian belum dibentuk unit tenda sehingga dari tenda belum ada pemasukan atau sumbangan ke PADes, yang menyumbangkan ke PADes baru unit USP sebesar 9 jutaan,” Ujarnya.

Usai menyampaikan laporan, dilanjutkan dengan tanya jawab peserta, dan acara ditutup dengan doa.

Baca Juga :  Front Aktivis Dan Mahsiswa Meminta Polri Segera Ungkap Master Min

Acara Gebyar Bagi Hasil

Pada pukul 14.00 acara dilanjutkan dengan gebyar bagi hasil, yaitu pembagian hadiah kepada para pemanfaat lancar di unit USP

Hadir dalam acara tersebut, Kasi P2SD Dinas PMD, Tarmizi, Kepala BSM Bengkalis, Koorcam Bidang Ekonomi, Bery Pratama, beberapa Pendamping Desa dari desa tetangga, serta tamu undangan.

Kadis PMD Drs.Yuhelmi melalui Kasi P2SD, Tarmizi dalam sambutannya mengatakan bahwa BUMDes merupakan program yang sangat di prioritaskan pemerintah baik pusat maupun daerah, karena terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tergantung bagaimana masyarakat memanfaatkan terutama bagaimana masyarakat mengikuti aturan.
“BUMDes merupakan program prioritas pemerintah pusat hingga daerah bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun keberhasilannya tergantung bagaimana mengikuti aturan” katanya.

Tarmizi

Lebih lanjut tarmizi mengatakan,
“Kami berharap hilangkan lah fikiran ini uang negara, tapi bagaimana bertanggung jawab ketika hak sudah diberikan maka ada tanggung jawab yang mesti ditunaikan, hak masyarakat menerima program ini berupa fasilitas pinjaman, namun setelah hak diberikan maka tunaikanlah kewajiban membayar, program ini cukup membantu masyarakat, sudah diberi pinjaman, dapat pula hadiah” Ujarnya.

Pengurus BUMDes

Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 20 orang anak yatim dan pembagian hadiah kepada pemanfaat lancar yang beruntung.

__Terbit pada
30/12/2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds