Nasional News

BREAKING NEWS : GEMPA 7,1 SR Guncang Manado

AKTAINDONESIA.COM, MANADO – Gempa 7,1 SR terjadi di Kepulauan Talaud, Sulawasei Utara (Sulut). Gempa itu juga dirasakan di Manado hingga ternate.

“Dirasakan di Melonguane Talaud IV MMI, Tahuna Sangihe III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai III MMI, Manado, Ternate, Jailolo II MMI,” tulis akun Twitter BMKG, Sabtu (29/12/2018).

Gempa 7,1 SR itu terjadi pada pukul 10.39 WIB. Lokasi gempa ada di 5.85 Lintang Utara,126.81 Bujur Timur atau 201 km timur laut Kepulauan Talaud, Sulut. Gempa ada di kedalaman 69 km. Belum diketahui ada-tidaknya dampak akibat gempa tersebut.

Menurut Sutopo, gempa dirasakan selama lima detik oleh Warga Bitung, namun tidak menimbulkan kepanikan di tengah warga. Hingga berita ini dilaporkan belum ada laporan mengenai korbn jiwa atau kerusakan dampak gempa.

Sementara itu, Kepala Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Geof. Kelas I Winangun-Manado, Edward Henry Mengko mengatakan gempa dirasakan hingga Manado dan Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Kendati demikian, Edward meminta masyakarat Manado tidak perlu merasa khawatir atau cemas, meskipun harus tetap waspada.

Sejumlah warga Manado yang berada di rumah mengaku terkejut dengan gempa tersebut, dan langsung keluar rumah. Alfien Manoppo, warga Tuminting yang kaget dan membawa cucunya keluar rumah mengaku khawatir gempa besar seperti di Palu.

“Saya kaget dan langsung membawa cucu berdiri di lokasi aman, takut kalau ada apa-apa, soalnya masih khawatir sebab gempa besar di Palu, Sigi dan Donggala,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Meski begitu dia bersyukur sebab tidak ada gempa susulan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya, sehingga bisa tetap beraktivitas dan tak perlu mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Max Tatahede, mengimbau seluruh penduduk Manado, tenang karena tidak ada ancaman tsunami.

Baca Juga :  Sulawesi Utara dengan Sederet Pulau Tanpa Nama

“Tetap tenang tetapi selalu waspada, dan kami minta jangan menyebarkan informasi bohong supaya tidak membuat warga panik,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *