Berfikir Kritis, Sistematis dan Komprehensif

AKTAINDONESIA.COM – Berpikir kritis adalah proses dimana seseorang atau individu harus menafsirkan dan mengevaluasi informasi untuk membuat penilaian atau keputusan berdasarkan keterampilan, penerapan pengetahuan dan pengalamannya.

Sistematis adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya.

Komprehensif adalah suatu kesiapan atau kemampuan untuk menyusun suatu hal secara luas.

Media sosial kita dipenuhi beragam imformasi.
Selain memproduksi informasi, netizen juga menyebarkan informasi yang didapat dari media arus utama ke media sosial. Ada yang menyebarkan apa adanya. Ada yang menafsir dan menulis ulang sesuai tafsirnya, baru kemudian disebarkan ke media sosial. Ada pula yang sengaja mengedit, lalu menyebarkannya, dengan tujuan tertentu, hingga menyesatkan informasi.

Nah, di dunia seperti inilah kita hidup sekarang. Inilah dunia yang disesaki informasi akurat atau kadang tak akurat.
Ada juga informasi dari situs web yang dipersepsikan sebagai portal berita tetapi tanpa jurnalis dan editor serta bekerja tanpa memedulikan kaidah jurnalistik, serta informasi yang diproduksi warga media sosial yang memang tak memenuhi standar jurnalistik. Semua bercampur aduk. Saking campur aduknya, informasi yang sama bisa bermakna banyak sesuai tafsir masing-masing pengguna media sosial.

Untuk itu perlunya kita memiliki filter atau penyaring, salah satunya dengan pola membiasakan berfikir kritis, sistematis dan komprehensif. Mudah mudahan akan mereduksi postingan yang lebih banyak efek negatifnya ketimbang manfaat.

Tony Herman

Baca Juga :  Selamat Hari Lahir Pancasila Mu
__Terbit pada
24/11/2020
__Kategori
Kolom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds