Bentrokan di Mali, 41 Orang Dilaporkan Tewas

AKTAINDONESIA.COM, MALI – Bentrokan di bagian timur Mali memperburuk kondisi keaman negara ini yang menyebabkan 24 tentara Mali dan 17 pejuang jihadis tewas.

Dilansir AFP, Rabu (20/11/2019), pasukan Mali dan Niger sedang melakukan operasi bersama saat diserang oleh ‘teroris’ dekat kota Tabankort. Menurut militer, total korban adalah 24 orang tewas, 29 luka-luka dan kerusakan materi. Sedangkan 17 jihadis tewas dan seratus lainnya tersangka ditangkap.

Dalam pernyataan sebelumnya, yang menyebutkan angka kematian lebih rendah, militer mengatakan pasukan Prancis dan Niger mengambil bagian dalam serangan balik.

Tindakan pada hari Senin adalah kehilangan besar bagi tentara. Kehilangan seratus tentara dalam dua serangan jihadis dalam sebulan di musim gugur.

Mali utara jatuh ke tangan jihadis pada 2012 sebelum para militan dipaksa keluar oleh intervensi militer yang dipimpin Prancis. Sejak itu wilayah perbatasan Mali, Niger, dan Burkina Faso telah menjadi arena bentrokan berulang dengan pejuang jihadis.

Tentara Mali telah berjuang untuk menahan pemberontakan meskipun ada bantuan dari tetangga Afrika, MINUSMA, misi penjaga perdamaian PBB yang beranggotakan 13.000 orang di Mali, dan bekas kekuatan kolonial di wilayah Prancis.

Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe dalam kunjungan ke negara tetangga Senegal pada hari Senin, menyerukan kepada semua negara Afrika barat untuk membantu menangani kelompok-kelompok jihadis yang beroperasi di Sahel.

“Satu hal yang pasti: kelompok-kelompok jihad akan mendapat manfaat, segera setelah mereka dapat, dari kelemahan kita, dari kurangnya koordinasi kita atau dari kurangnya komitmen atau pelatihan kita,” kata Philippe, pada pembukaan Forum Internasional Perdamaian dan Keamanan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah berjanji untuk mengambil keputusan ‘dalam beberapa minggu mendatang’ tentang bagaimana Prancis dapat membantu mengatasi kekerasan jihadis di Sahel. Dia mengatakan telah ada kemajuan dalam situasi keamanan dan keputusan akan diumumkan tentang pembenahan pasukan kerjasama regional G5 di Mali, Burkina Faso dan Niger.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Tol Cikampek, 3 Orang Tewas
__Posted on
21/11/2019
__Categories
Internasional

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds