Lifestyle

Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

AKTAINDONESIA.COM, KOPI (NGOPI) adalah tren akhir-akhir ini, selain menawarkan banyak manfaat budaya ngopi juga punya dampak negatif bagi tubuh.opi menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Loading...

Efek buruk ini karena tingginya kadar kafein di dalam kopi.

Studi menunjukkan konsumsi kopi dalam jumlah kecil hingga sedang, baik untuk tubuh. Sedangkan dosis kafein yang tinggi dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Pada setiap orang, konsumsi kopi yang aman atau toleransi terhadap kopi akan sangat berbeda-beda. Terlebih pada orang yang tak terbiasa minum kopi, sedikit saja kafein dapat menimbulkan gejala pada tubuh.

Namun mengutip Mayo Clinic, normalnya 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi seduh, 10 kaleng cola, atau dua buah minuman energi.

Bagaimana jika minum kopi dalam jumlah yang sangat tinggi? Nyatanya, kebanyakan minum kopi akan memberikan dampak untuk kesehatan.

Berikut bahaya terlalu banyak minum kopi.

1. Gelisah
Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Kadar kafein yang tinggi pada kopi dapat membawa kewaspadaan itu menjadi kegugupan dan kecemasan.

Penelitian menunjukkan asupan kafein harian yang tinggi mencapai 1.000mg atau lebih per hari dapat menyebabkan kegugupan. Dosis sedang juga menyebabkan pernapasan lebih cepat dan meningkatkan stres.

2. Insomnia
Terlalu banyak minum kopi dapat membuat seseorang mengalami insomnia. Studi menemukan asupan kafein yang tinggi meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. Hal ini juga dapat mengurangi total waktu tidur, terutama pada orang tua.

Kafein umumnya dapat bertahan membuat tubuh terjaga rata-rata lima hingga sembilan jam. Jumlah kafein yang dapat dikonsumsi tanpa mempengaruhi tidur, akan tergantung pada genetika dan faktor lainnya yang berbeda pada setiap orang.

3. Masalah pencernaan
Kafein dapat merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik atau kontraksi. Dikutip dari situs kesehatan Health Line, dosis kafein yang tinggi dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare.

Beberapa penelitian juga mendapati kopi dan minuman berkafein lainnya dapat memperburuk penyakit GERD.

4. Tekanan darah tinggi
Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

5. Detak jantung meningkat
Efek stimulasi kafein juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Studi menemukan terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan fibrilasi atrium atau irama detak jantung yang berubah pada anak muda.

Sumber: CNNIndonesia

Loading...
Baca Juga :  6 Tips Tepat Hadapi Anak yang Sedang Marah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *