Asner Silalahi, Walikota Pematang Siantar Terpilih ini Wafat Sebelum Dilantik

AKTAINDONESIA.COM, PEMATANG SIANTAR – Wali Kota Pematangsiantar terpilih, Asner Silalahi, meninggal dunia. Asner yang wafat sebelum pelantikan sebagai Walkot itu merupakan pensiunan PNS yang banting setir menjadi politikus.
Dilihat dari situs KPU Pematangsiantar, Kamis (14/1/2021), Asner merupakan pensiunan PNS di Kementerian PUPR. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sumatera Utara.

Dia berkarier sebagai PNS sejak 1993 hingga 2020. Selama mengabdi sebagai PNS, Asner pernah meraih penghargaan Satyalancana 10 tahun dan Satyalancana 20 tahun dari Presiden RI pada 2013 dan 2018.

Pria kelahiran Pematangsiantar, 19 Juli 1961, ini memiliki seorang istri dan tiga anak. Pendidikan terakhir Asner adalah Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Setelah pensiun pada 2020, Asner memutuskan terjun ke dunia politik. Dia maju sebagai calon Wali Kota Pematangsiantar berpasangan dengan Susanti Dewayani.

Paslon ini diusung oleh PDIP, Golkar, Hanura, NasDem, Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKPI dengan total 30 kursi di DPRD Pematangsiantar. Mereka menjadi paslon tunggal di Pilkada Pematangsiantar 2020.

Asner-Susanti pun memenangi Pilkada Pematangsiantar 2020. Mereka meraih 87.733 suara.

Meninggal sebelum dilantik

Asner Silalahi meninggal dunia pada Rabu (13/1/2021). Dia wafat di rumah sakit di Medan.

“Iya benar,” kata Wakil Ketua PDIP Sumut Aswan Jaya saat dimintai konfirmasi.

Aswan mengatakan PDIP sangat kehilangan sosok Asner. Menurutnya, Asner merupakan sosok yang diharapkan bisa membangun Pematangsiantar lebih baik.

“Luka yang mendalam bagi kita keluarga besar PDIP. Kita padahal berharap beliau akan membangun Siantar ke depan,” ucapnya.

Ketua NasDem Sumut, Iskandar, mengatakan Wali Kota Pematangsiantar terpilih, Asner Silalahi, meninggal dunia setelah dirawat di RS. Dia sempat dinyatakan positif Corona atau COVID-19. Belakangan, hasil tes swab menunjukkan hasil negatif.

Baca Juga :  Pesawat Lionair Jatuh di Manila, Seluruh Penumpang Tewas

“Dirawat karena awalnya COVID, tapi tes akhir negatif dan meninggal karena penyakit bawaannya,” kata Iskandar.

__Terbit pada
14/01/2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds