8 Virus Yang Sempat Hebohkan Dunia, No 8 paling berbahaya

AKTAINDONESIA.COMVIRUS merupakan mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Virus hanya dapat bereplikasi di dalam sel makhluk hidup karena tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. Semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga bakteri dan arkea. Istilah virus biasanya digunakan pada jenis virus yang menginfeksi sel-sel eukariota, sementara virus yang menginfeksi sel prokariota—seperti bakteri dan arkea—dikenal sebagai bakteriofag.

Dalam penyebarannya tentu virus tersebut mempunyai dampak atau mengakibatkan sesuatu penyakit, ada virus yang biasa atau tidak terlalu berbahaya, ada juga virus yang sangat berbahaya baik terhadap manusia ataupun makhluk lainnya.

beberapa virus dibawah ini dianggap berbahaya yang sempat hebohkan dunia

1. AIDS

AIDS pertama kali ditemukan di Amerika Serikat. Namun asal virus HIV-nya dari Afrika. Konon penyakit ini mulai eksis setelah salah seorang warga di Afrika melakukan hubungan badan dengan seekor monyet. Selanjutnya menulari bule AS. Penyakit ini kemudian berkembang pesat di seluruh dunia pasca mewabahnya perilaku sex bebas.

2. SAPI GILA

Penyakit sapi gila pertama kali ditemukan di Inggris tahun 1986. Mulanya menyerang hewan ternak. Namun kemudian si virus berekspansi menyerang manusia dengan varian baru. Pada manusia, objek yang diserang adalah sistem saraf atau otak. Orang yang terinfeksi penyakit sapi gila umumnya akan kehilangan kendali atas tubuhnya. Dia akan kesulitan untuk berbicara, berjalan bahkan berdiri.

3. FLU BURUNG

Flu burung adalah penyakit lama. Muncul pertama kali di Italia lebih dari satu abad yang lalu. Mulanya dianggap penyakit biasa karena menyasar hewan ternak yang kurang telaten menjaga kesehatan. Namun kemudian virus H5N1 semakin ngelunjak dan mulai menyerang manusia. Puncak kejayaan penyakit flu burung terjadi tahun 2000-2007.

4. FLU BABI

Sama seperti flu burung, flu babi adalah penyakit yang menyerang pernapasan manusia. Hanya beda kode virus saja. Flu burung H5N1, flu babi H1N1. Flu babi sendiri ditemukan pertama kali tahun 1976 di Amerika Serikat. Namun sudah dikenali sebagai penyakit musiman sejak tahun 1919. Flu babi lalu mulai promo ke berbagai negara dan tercatat menyerang warga Luzon, Filipina tahun 2007.

5. EBOLA

Ebola pertama kali ditemukan tahun 1976 di Kongo, Afrika. Disebut berasal dari monyet dan kelelawar pemakan buah. Penderita Ebola akan mengalami kesulitan pembekuan darah. Darah akan mengucur dengan sendirinya dari hidung, mulut atau bekas suntikan. Muntah darah, batuk berdarah, hingga berak berdarah adalah tanda akut dari mengganasnya virus dari tubuh seseorang yang terjangkiti.

6. SARS

Pertama kali muncul di China tahun 2002. Penyakit SARS tergolong mematikan dan menyerang pernapasan manusia. Pemerintah China sempat menutupi epidemi penyakit ini saat pertama kali ditemukan. Namun setelah SARS menyebar diberbagai negara dalam hitungan bulan dengan korban tewas mencapai 775 orang ratusan ribu ternak, barulah pemerintah China membuka diri dan mengajak dunia internasional bersama memeranginya.

7. CORONA

Belajar dari penyakit SARS, pemerintah China enggan menyembunyikan wabah yang bermula dari kota Wuhan dan sekitarnya. Mereka mengisolasi kota dan melarang warganya untuk berpergian. Penyakit yang berasal dari v-Corona menyerang sistem pernapasan manusia dengan melumpuhkan fungsi paru-paru. Virus ditengarai berasal dari kelelawar dan ular yang dijual bebas di pasaran. Virus ini sangat mematikan, karena hanya butuh waktu hitungan hari untuk mengakhiri riwayat hidup seseorang.

8.GEBSS

Jenis penyakit ini langka dan diduga berasal dari Indonesia, penyakit ini sudah memakan korban 700 orang dg tanda akibat kelelahan berat, cepat menular lewat saraf otak yang menyebabkan gangguan saraf seperti suka bohong, suka ingkari janji, dungu, gemar sebar hoax, gemar jual aset , dan korupsi berjamaah,
Sebarannya tidak hanya menjangkiti masyarakat golele( golongan ekonomi lemah) atau wong cilik,tapi kalangan menengah atas , dan mengkontaminasi banyak institusi. Sehingga tim medis susah mengantisipasi wabah ini.

Virus ini pernah menghebohkan dunia karena penderitanya mampu mengalami lonjakan IQ luar biasa yg secara akurat mampu menentukan hasil pemilu sebelum dihitung.
Dan pada stadium akut, gejalanya suka keluyuran ditempat2 bencana sambil Selfi,
GEBSS ini kemudian populer dg istilah Gemar Bohong Suka Selfie.

Loading...
__Posted on
11/02/2020
__Categories
Kolom, News

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds