5 Pembunuh Jamal Khashoggi Divonis Mati

AKTAINDONESIA.COM, RIYADH – Pengadilan Arab Saudi vonis mati 5 orang berkaitan dengan pembunuhan wartawan veteran Saudi, Jamal Khashoggi. Namun ada 2 orang lain yang masih diselidiki terkait hal itu. Tokoh penting tersebut dibebaskan.

“Pengadilan menjatuhkan vonis mati untuk 5 orang yang terlibat langsung dalam pembunuhan,” ucap jaksa dalam pernyataannya sebagaimana dikutip dari kantor berita AFP, Senin (23/12/2019).

Dua tokoh yang dibebaskan yaitu Wakil Kepala Intelijen Mayor Jenderal Ahmed Asiri dan mantan tangan kanan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), Saudi al-Qahtani. Namun Qahtani tidak didakwa ‘karena tidak cukup bukti’, sedangkan Assiri diselidiki dan didakwa tetapi akhirnya dibebaskan dengan alasan yang sama.

Dalam kasus ini, ada 11 orang yang diduga terlibat. Lima orang di antaranya yang divonis mati. Tiga di antaranya divonis penjara yang totalnya 24 tahun, sisanya dibebaskan.

Khashoggi yang kerap mengkritik pemerintah Saudi, dibunuh dan dimutilasi setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018. Otoritas Saudi telah mengakui bahwa sekelompok agen Saudi yang nakal — beberapa di antaranya merupakan anggota inner circle MBS — melakukan pembunuhan itu.

Baca Juga :  Cerita Mengerikan Saat Khashoggi Masuk Konsulat Saudi
__Posted on
23/12/2019
__Categories
Internasional

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds