5 Daerah Ini Pernah Diguncang Gempa Dahsyat >7 SR

 

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Gempa merupakan bencana Alam terburuk sepanjang sejarah di Republik Indonesia, Indonesia termasuk daerah rawan gempa. Secara ilmiah Indonesia yang terletak antara pertemuan 3 lempengan bumi menyebabkan Indonesia sering mengalami gempa, bahkan berpotensi tsunami.

Beberapa gempa besar pernah terjadi di Indonesia yang mengakibatkan banyak korban jiwa, bahkan hingga ratusan ribu nyawa melayang.

Menolak lupa, berikut rentetan kejadian bencana alam gempa bumi bermagnitudo di atas 7 SR di Indonesia:

 

1. Palu & Donggala 2018

Gempa Palu 2018

Pada September lalu, tsunami dengan gelombang tinggi terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Berdasarkan hasil observasi tim survei Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang tsunami tertinggi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah ternyata mencapai 11,3 meter.

Gempa 7,4 SR yang mengakibatkan tsunami ini terjadi di Tondo, Palu Timur.

 

2. Lombok 2018

Gempa Lombok 2018

Masih di tahun 2018, gempa bermagnitudo 7,0 Skala Ritcher juga terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (19/8) malam. Kala itu, pusat gempa terjadi di Lombok Timur.

Tapi sebelumnya, gempa juga terjadi dengan kekuatan yang sama di Lombok Utara. Gempa tersebut mengakibatkan ratusan nyawa melayang dan kerugian material.

 

 

 

3. Mentawai 2007/2010/2016

Gempa Mentawai Sumbar

Nah pada 2007 mentawai juga pernah mengalami gempa 7,8 SR. Lalu, pada 2010 mengalami kembali gempa bermagnitudo 7,7 SR.

Pada 2016 gempa bermagnitudo 7,8 SR kembali terjadi di Mentawai.

 

Baca Juga :  JIHAN ZAHIRA, Bocah Korban Gempa-Tsunami Palu yang Mendunia

 

 

4. Nias 2005

Gempa Nias

Sementara itu, Nias juga pernah mengalami gempa yang berpotensi tsunami pada tahun 2005 dengan bermagnitudo 8,7 SR. Banyak warga yang mengalami kerugian pada saat peristiwa tersebut.

 

 

 

 

 

5. Aceh 2004/2012

Gempa Aceh 2004

Pada 2004 Indonesia mengalami gempa terbesar. Dimana, Gempa yang bermagnitudo 9,3 SR tersebut terjadi pada Minggu, 26 Desember 2004. Peristiwa itu menelan lebih dari 160.000 korban jiwa.

Kemudian pada 2012, Aceh kembali mengalami gempa yang dahsyat yang bermagnitudo 8,5 SR.

 

 

 

 

DOA KETIKA GEMPA BUMI

Selengkapnya doa itu sebagai berikut:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Bagaikan menyiapkan payung sebelum hujan, mari kita hafalkan lafaz doa ini, Tidak mungkin doa ini akan kita hafal baru ketika bencana gempa menghampiri. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari segala bencana Alam maupun musibah lainnya

 

Admin

aktaindonesia.com adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update. Selengkapnya

leave a comment

Create Account



Log In Your Account