4 Aplikasi Belajar Online Gratis ditengah serbuan Corona

AKTAINDONESIA.COM – Virtual class atau kelas daring menjadi semakin populer seiring merebaknya virus Corona. Metode kelas jarak jauh sejatinya telah diperkenalkan sejak tahun 1960 ketika pertama kali ditemukan Computer Based Training (CBT) di Universitas Illinois Amerika Serikat. Saat ini, seluruh tenaga pengajar mulai dari satuan pendidikan universitas sampai tingkat sekolah dasar berbondong-bondong mempelajari berbagai jenis aplikasi online yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran kelas jarak jauh. ada banyak aplikasi yang menawarkan berbagai macam fitur untuk memudahkan proses pembelajaran. Namun tidak semua aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan semua guru mata pelajaran . Oleh karenanya, penting sekali untuk mencari tau media apa yang paling cocok untuk digunakan dalam mengajarkan mata pelajaran atau materi tertentu. Berikut adalah 4 aplikasi online tak berbayar yang mudah digunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

1. Google Classroom
Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi yang paling populer di kalangan para pengajar. Fitur dalam aplikasi ini membantu siswa dan pengajar mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi yang lebih baik. dirilis pada tanggal 12 agustus 2014, sistem operasi ini bisa digunakan di di ponsel pintar yang bisa diunduh melalui play store. Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan log in terlebih dahulu dengan menggunakan Google mail tentunya. Para murid atau trainee bisa bergabung dengan melakukan log in dan memasukan kode kelas tertentu yang telah di share oleh pengajar atau trainer. Materi yang digunakan dalam kelas ini bisa dari berbagai sumber. Seperti YouTube, dokumen, Power point, serta gambar dan video yang bisa dimasukan dengan satu kali klik.

2. Edmodo
Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang di kembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen.Cara menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah, sama halnya seperti cara mengoprasikan Google classroom yang mudah dipahami bahkan untuk pemula. Bagi anda yang akrab dengan media sosial Facebook, aplikasi ini sangat cocok untuk anda, karena Edmodo lebih mirip dengan facebook dalam hal tampilan dan cara penggunaan. Ada berbagai fitur yang disajikan guna membuat proses belajar lebih efektif, efisien dan terorganisir. Seperti fitur polling, gradebook, quiz, file and links, library, assignment, award badge, dan parent code.

Baca Juga :  500 Karyawan PT Sampoerna Diduga Terpapar Corona

3. Zoom Cloud Meeting
Bagi beberapa orang, mengajar jarak jauh tanpa bertatap muka mungkin terasa hambar dan kurang greget. Atau ada juga materi-materi tertentu yang tidak bisa disampaikan lewat catatan atau dokumen. Misalnya untuk kepentingan pengambilan nilai presentasi, atau praktek public speaking. Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memfasilitasi dan memenuhi kepentingan tersebut, sebut saja WhatsApp Video Call, Skype, Viber dll. Namun perangkat-perangkat tersebut hanya mampu mengakomodir beberapa orang saja.

Untuk proses pembelajaran jarak jauh yang mampu menampung seluruh peserta kelas, Zoom merupakan solusi yang tepat karena jumlah maksimal members yang bisa bergabung dalam satu ruang meeting adalah 50 orang. Sama halnya dengan aplikasi Gclassroom dan edmodo, peserta yang ingin bergabung hanya butuh mengklik ID Zoom Cloud meeting host yang di bagikan oleh para pendidik selaku host atau tuan rumah dlam pertemuan tersebut.

4. Ruangguru
Ruangguru merupakan patform pembelajaran yang didirikan pada tahun 2017 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman. Proses pembelajaran dalam aplkasi ini berbasis kurikulum sekolah yang disajikan melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel pintar. Hingga tahun 2019 terctata sebanyal 15 juta pengguna dari berbagai wilayah di Indonesia.
pada dasarnya, ruang guru adalah aplikasi belajar online yang berbayar. Namun, merespon kondisi terkini terkait penyebaran virus Corona yang berdampak pada dialihkannya proses pembelajaran tatap muka melalui pembelajaran daring, maka Belva Syah Devara selaku salah satu founder Ruangguru, terhitung mulai senin 13 Maret 2020 membuka kesempatan untuk seluruh siswa mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas untuk menikmati aplikasi Ruangguru secara gratis yang akan dipandu langsung oleh master teachers Ruangguru. Para siswa bisa memanfaatkan fasilitas live teaching serta mengasah pemahaman melalui Bank soal yang disediakan mulai dari jam 08.00-12.00 WIB.
Pengajar dapat menggunakan lebih dari satu media yang dapat disesuaikan dengan materi ajar tertentu, guna mendapatkan hasil pembelajaran yang mksimal.

Baca Juga :  Ketika Ali bin Abi Thalib Pindahkan Ibu Kota Negara
__Terbit pada
19/03/2020
__Kategori
Corona, Kolom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds