Kolom Kuliner

3 Menu Makan Malam Yang Sehat

AKTAINDONESIA.COM – Makan malam takut diet?,Walaupun Anda sedang berusaha menurunkan berat badan.Anda tetap dianjurkan untuk makan malam, lho.Tetapi makan malam anda harus terjaga dan sehat.

Ini adalah 5 menu makan malam yang sehat anti gemuk :

1. Perbanyak sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Termasuk bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, artinya Anda harus memperkaya menu makanan Anda dengan sayuran, khususnya di malam hari.

Anda bisa mengolah beberapa jenis sayuran menjadi sajian sup sayur, capcay, tumis kangkung, atau sayur-sayuran yang dikukus seperti brokoli dan kembang kol. Agar semakin menarik, cobalah untuk mengombinasikan dua sayuran dengan warna yang berbeda, misalnya satu sayuran hijau dan satu sayuran oranye ke dalam menu makan malam Anda. Dengan demikian, Anda akan semakin lahap saat menyantapnya.

2. Tambahkan protein

Pilihlah sumber protein seperti daging ayam, makanan laut, dan kacang-kacangan yang baik untuk menurunkan berat badan, dari pada memilih daging merah yang kurang sehat untuk tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi susu yang dapat membantu menangkal pertambahan berat badan dan membangun masa tubuh tanpa lemak.

Jaga juga kandungan protein dalam menu makan malam Anda dengan memilih metode pemasakan yang tepat.Jika Anda vegetarian, penuhi asupan protein Anda dengan konsumsi jamur, tahu, atau tempe dengan metode memasak yang sama.

3. Penuhi kebutuhan serat dengan gandum utuh

Konsumsi karbohidrat plus serat dari biji-bijian dapat memberikan energi jangka panjang dan membantu mengendalikan gula darah Anda. Sebab, kandungan seratnya dapat membuat makanan bertahan lebih lama di dalam perut sehingga Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Baca Juga :  Bahagia Tanpa Pacaran Sebelum Halal

Mengurangi karbohidrat bukan berarti Anda tidak mengonsumsinya sama sekali. Kuncinya adalah mengontrol porsi karbohidrat anda dalam menu makan malam Anda. Pilihlah sajian nasi merah, quinoa, roti gandum utuh, atau bayam untuk memenuhi asupan karbohidrat sehat. Semua bahan ini mengandung magnesium, mineral yang berperan dalam mengatur metabolisme lemak tubuh anda.

Untuk mencegah bertambahnya berat badan anda,anda juga harus menghilangi kebiasaan burut anda ketika nonton tv sekalian ngemil atau makan berat.Karena makan sambil nonton tv sangat berpengaruh terhadap selera anda yang meningkat sehingga anda tidak sadar telah banyak mengkomsumsi makanan.Senin 19/11/2018 

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *