3 Keutamaan Puasa Daud

AKTAINDONESIA.COM – Nabi Daud terkenal sebagai nabi yang cerdas dan cenderung memiliki kekuatan-kekuatan mukjizat.Maka dari itu puasa nabi daud pun menjadi puasa yang di anjurkan oleh rasulullah S.A.W.

Setiap ibadah yang kita laksanakan pasti mendapatkan manfaat dari ALLAH SWT,tapi pada artikel ini kami mencoba membagikan manfaat dari melaksanakan puasa daud.Puasa Daud sendiri adalah sebuah puasa sunnah yang dilakukan dengan renggang satu hari berpuasa dan satu hari tidak. Jadi ada renggang satu hari pada setiap puasa sunnah ini.Berikut adalah beberapa keutamaan melaksanakan puasa daud.

1Tidak ada Ketaatan yang Lebih Baik dari Puasa dan Shalat Daud

Abdullah bin ‘Amr adalah orang yang sangat bersemangat dalam melakukan ketaan. Ia selalu ingin melakukan puasa setiap harinya tanpa berhenti. Begitu juga ketika ia ingin shalat malam, ia akan melakukan shalat malam semalam suntuk tanpa henti. Karena hal tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarangnya. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan sebuah solusi untuk Abdullah bin ‘Amr agar dapat melakukan ketaatannya dengan lebih baik. Untuk puasa, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyarankan Abdullah bin ‘Amr untuk berpuasa selama tiga pada setiap bulannya. Tetapi Abdullah bin ‘Amr tidak mau dan menginginkan untuk melakukan puasa lebih dari itu.

Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan solusi yang lebih tepat, yaitu untuk berpuasa sehari dan tidak berpuasa pada keesokan harinya. Maka tidak ada lagi ketaatan yang lebih baik dari itu. Begitu juga dengan shalat malam, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi petunjuk shalat malam seperti shalat yang dilakukan oleh Nabi Daud. Nabi Daud ‘alaihis salam biasa tidur pada pertengahan malam pertama sampai sepertiga malam terakhir. Kemudian beliau bangun dan mengerjakan shalat sampai seperenam malam terakhir. Lalu Nabi Daud ‘alaihi wa sallam kembali tidur untuk mengistirahatkan badannya agar semangat saat melakukan shalat Fajr serta berdzikir dan beristigfar saat sahur agar mendapatkan Keutamaan berzikir kepada ALLAH SWT.

2.Menjaga Dari Maksiat

Puasa adalah benteng paling kuat menjaga kita dari segala maksiat. Dengan puasa, kita selalu mawas diri, waspada, dan selalu ingat kepada Allah.

Baca Juga :  Negeri Para Preman

3.Kesehatan

– Mencegah resiko penyakit jantung, karena dengan puasa, maka bagian dari pencernaan kita akan istirahat, kita pun sejak sahur tidak mengonsumsi makanan sembarangan yang menganggu metebolisme terutama kerja jantung.

– Untuk kecantikan kulit, karena puasa bisa berguna untuk menjadikan kulit lebih terlihat segar, sehat, lembut dan berseri alami.

Hal ini dikarenakan , ketika berpuasa tubuh akan mengalami metabolisme yang tinggi, dan ketika ini terjadi setiap organ dalam tubuh akan mempunyai cadangan energi, ketika berpuasa tentunya energi tersebut akan dikeluarkan sehingga mampu menciptakan rasa lega pada organ-organ penyimpanan tersebut.

Deri Syaputra

leave a comment

Create Account



Log In Your Account