Perkuat Literasi Digital Mahasiswa, PAUD FKIP Untan selenggarakan Workshop Media Pembelajaran Digital Interaktif AUD.

 

Workhsop Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif AUD
Workhsop Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif AUD

Pontianak. 10/04/2021

MENGHADAPI perkembangan zaman yang cepat dan terkoneksi, mahasiswa dituntut untuk meningkatkan dan menyesuaikan kemampuan yang dibutuhkan. Untuk itu, menghadapi kebutuhan tersebut Perguruan Tinggi harus adaptif dan responsif pada keadaan yang ada.  Prodi PG PAUD FKIP Untan, sebagai Lembaga pencetak lulusan berbasis PAUD maka diharapkan mendorong lulusan memiliki kompeten yang diperlukan bagi mereka setelah lulus kelak.

Upaya yang dilakukan diantaranya memberikan kompetensi Literasi Digital pada mahasiswanya. Literasi digital merupakan keterampilan yang dibutuhkan saat ini. Anak usia dini sudah merasakan aktivitas dan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari sejak dalam keluarga, begitu halnya pula didunia pendidikan. Pendidikan harus pula beradaptasi pada kebutuhan yang ada. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik hendak pula dituntut inovatif  dalam mempersiapkan strategi pembelajaran yang efektif.  Inovasi tersebut dapat berupa pengembangan media pembelajaran sebagai fasilitator untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena, media merupakan bagian yang penting dalam kegiatan pembelajaran.

Untuk mendukung kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran digital, maka dilaksanakan Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif bagi Anak Usia Dini. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Prodi PG PAUD FKIP Untan dengan Organisasi Penggerak Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Kalimantan Barat didukung oleh Komisi Informasi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini diapresiasi oleh semua pihak yang terlibat. Wakil Dekan FKIP Untan, Dr. Hairida, menyatakan “FKIP Untan sangat mendukung kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi bagi lulusan seperti ini. Kita ingin, ini juga menjadi kegiatan rutin dan dapat diikuti oleh prodi-prodi lainnya”. Sejalan dengan FKIP Untan, Ketua DPD Gradasi Kalbar, Sarfandi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang besar bagi FKIP Untan, “ Kami sangat senang atas kerjasama yang dilakukan khususnya Prodi PG PAUD yang berupaya berkolaborasi dalam menghasilkan generasi yang melek teknologi. Kegiatan ini diharapkan membuka potensi kerjasama kepada jurusan lainnya dan peningkatan literasi digital bagi masyarakat”, tambahnya.

Baca Juga :  80 Ton Sembako Bantuan Muhaimin Disalurkan di Riau

Kehadirnya lulusan PAUD dengan kemampuan penyediaan media-media pembelajaran yang adaptif dapat menjadi alternatif penyediaan perangkat pembelajaran inovasi yang tersedia. Kemampuan yang dimiliki, diharapkan dapat meningkatkan apresiasi bagi lulusan PAUD, serta kualitas pembelajaran di Lembaga PAUD. (lh)

 

__Terbit pada
10/04/2021
__Kategori
Kampus, Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds